Tuesday, September 29, 2009

Umar bin Khattab

Oleh: Ikhsan Hasibuan
email: ikhsan.hasibuan@gmail.com

Umar adalah khalifah ke-2 menggantikan Abu Bakar. Beliau memimpin khalifah selama 10 tahun. Selama pemerintahannya ini, islam mengalami kemenangan dan penyebaran sangat luas meliputi Syiria, Jerussalem, Mesir, Libia, Iraq dan mengalahkan pasukan Persia (iran).

Umar dilahirkan tahun 581 di mekkah. Beliau punya kemampuan membaca dan terkenal dengan fisiknya yang sangat kuat. Sebelum memeluk islam, umar terkenal sebagai orang yang berperangai keras dan suka mabuk tetapi menyukai keindahan puisi. Umar bermaksud membunuh Rasul, namun niatnya itu diurungkan ketika mendengar adik perempuannya memeluk islam. kemarahannya makin bertambah dan dia segera mencari adiknya. Kemarahan umar justru berubah jadi kesadaran ketika mendengar indahnya ayat quran yang dibacakan adiknya. umar pun menyatakan memeluk islam. Hidayah yang sangat cepat diberikan Allah kepada umar.

Umar memiliki 4 atau 5 istri dan memiliki 9 putra dan 4 putri. dia juga seorang pedagang sama seperti Abu Bakar. Umar adalah orang yang taat dengan keislamannya. dia orang pertama yang menyalami Abu Bakar saat Abu Bakar diangkat menjadi khalifah dan mengucapkan janji setianya.

Sebelum kematiannya, Abu Bakar memilih Umar sebagai penggantinya. Khaled bin walid juga masuk pertimbangan abu bakar waktu itu namun abu bakar menganggap khaled lebih tepat dalam posisinya sebagai pemimpin militer.

pada masa kepemimpinan Umar, Bizantium (Palestina) dan Sassanian (persia/Iran) adalah 2 negara super power. sebelumnya dalam kepemimpinan Abu bakar sebagian wilayah dari 2 negara ini sempat ditundukkan.

pada tahun 634, Pasukan persia dengan pasukan gajah berniat mengalahkan Arab. demikian juga Bizantium melakukan perlawanan. Menghadapi serangan ini, Umar mengangkat Sa'ad bin Abi Waqas. Sa'ad keluar dari Madinah dengan jumlah pasukan 2.000 orang namun di tengah perjalanan jumlah pasukan ini bertambah menjadi 10.000 orang. Sedang pasukan persia dengan pasukan gajahnya berjumlah 6 kali lipat. Tahun 637 pasukan superpower Persia bisa dikalahkan dan ibukota Persia jatuh ke tangan muslim.

Di front Bizantium (Palestine), pasukan islam dipimpin oleh Khaled bin walid. namun karena sesuatu kesalahan pimpinan pasukan digantikan oleh Abu ubayda al-Jarrahin. Abu ubayda bisa mengalahkan seluruh wilayah Bizantium bahkan meluaskan kemenangan hingga ke Syiria dan Mesir. Sebagian besar penduduk Syiria waktu itu adalah kristen namun mereka menyambut kedatangan pasukan islam dan berharap pemerintahan islam akan memberlakukan mereka lebih baik daripada pemerintahan Bizantium yang lama.

Umat memang pemimpin yang hebat, hanya dalam masa 10 tahun memerintah, islam sudah meluas begitu cepat. beliau juga terkenal dengan penerapan hukum yang adil di negara-negara yang baru ditundukkan tersebut hingga akhirnya membuat penduduk di negara tersebut memeluk islam dengan sukarela.

Umar meninggal tahun 644 karena dibunuh oleh seorang budak persia karena dendam pribadi. Beliau ditusuk 6 kali ketika sedang shalat di masjid. Umar meninggal 2 hari kemudian. Sebelum meninggal umar membentuk sebuah dewan beranggota 6 orang untuk memilih khalifah baru. utsman bin affan terpilih sebagai penerus khalifah.

Dalam pandangan pengikut sunni, umar adalah sosok pemimpin ideal, alim, tegas, setia kepada Rasul dan taat kepada Allah. Sedang dalam pandangan pengikut Syiah, kedudukan umar sama dengan Abu bakar yaitu sebagai perampok kekuasaan yang mereka percaya harusnya jatuh ke tangan Ali.

No comments:

Post a Comment