Tuesday, September 29, 2009

Abu Bakar As-Siddiq

Oleh Ikhsan Hasibuan
email: ikhsan.hasibuan@gmail.com

Abu bakar sebenarnya adalah seorang saudagar Arab. Kita mengenal beliau sebagai salah satu dari 4 khulafa ur rasyidin. Beliau menjadi khalifah pertama setelah Rasul meninggal. Tidak begitu banyak yang dilakukan oleh Abu Bakar selama menjadi khalifah karena masa kekhalifahannya hanya berlangsung 2 tahun.

Peran utama Abu Bakar adalah menguatkan dan menstabilkan komunitas masyarakat islam yang saat itu sangat rentan perpecahan. Konflik penting pertama adalah tentang siapa yang berhak menjadi khalifah. Pengikut Ali R A (saat ini dikenal dengan Shiah) mengklaim Rasul memberikan mandat kepada Ali, namun klaim ini ditolak oleh pengikut Sunni.

Nama asli Abu Bakar adalah Abdul ka'bah bin Abi Quhafah. Beliau dipanggil Abu Bakar setelah kelahiran putrinya Aisyah. Abu bakar sendiri berarti Bapak dari seorang gadis. Beliau juga mendapat gelar As-siddiq yang artinya yang terpercaya.

Abu Bakar adalah tokoh penting walau selagi Rasul masih hidup. Beliau menggantikan imam ketika rasul sakit, menjadi tokoh yang ditakuti musuh islam, dan menjadi pendamping setia rasul.

Perpecahan umat islam pada masa khalifah Abu bakar yang terkenal adalah pemberontakan HANIFA. dibawah pimpinan Khalid bin abdul walid pemberontakan ini bisa dipadamkan dalam perang Aqraba yang berlangsung tahun 633.

Dibawah pemerintahan Abu Bakar, Ekonomi Arabia menjadi cukup makmur hingga memungkinkan perluasan penyebaran islam hingga ke Byzantium (Palestina selatan) dan ke Sassanid (sekarang dikenal dengan nama Iran) yang dipimpin oleh Khalid bin Walid. Abu Bakar sendiri meninggal sebelum berita kemenangan sampai ditangannya.

No comments:

Post a Comment